Rabu, 07 Maret 2012

Game Internal Sebagai Pertandingan Percobaan



Pelatih kepala Persib Bandung Drago Mamic melaksanakan rencananya untuk menempatkan Mohammad Nasuha di posisi gelandang sayap. Itu dilakukan saat tim Persib melakukan game internal di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Rabu (7/3) pagi. Sepanjang pertandingan intern itu, Nasuha beroperasi di gelandang sayap kiri.
Pada sesi latihan Rabu pagi, Mamic menggelar game internal. Tim Persib dibagi menjadi 2, tim biru dan tim kuning. Tim biru dihuni Jandri Pitoy, Tony Sucipto, Maman Abdurahman, Abanda Herman, Zulkifli Syukur, Miljan Radovic, Robbie Gaspar, Hariono, M Ilham, Moses Sakyi dan Airlangga. Sementara tim kuning diperkuat Cecep Supriatna, Jajang Sukmara, M Agung Pribadi, Rian Permana, Wildansyah, M Nasuha, Atep, Hendra Ridwan, Budiawan, Anggi Indra dan Aliyudin.
Babak satu berjalan dalam tempo sedang dan tidak ada satupun gol tercipta. Pada babak kedua, Mamic melakukan beberapa perubahan. Atep dimasukkan ke tim biru dan mentransfer Airlangga ke tim kuning. Serta mengganti Gaspar dengan Jajang sehingga Tony maju ke lapangan tengah. Formasi permainan pun berubah dari 4-4-2 menjadi 4-2-3-1. Sedangkan tim kuning berubah formasi menjadi 4-3-3.
Formasi tim biru ini tidak bisa bertahan lama karena Zulkifli mengalami cedera hamstring. Airlangga akhirnya dikembalikan ke tim biru dan balik menggunakan formasi permainan 4-4-2. Tim biru berhasil menuai hasil positif. Tiga gol membuat tim biru unggul atas tim kuning tanpa balas. Ketiga gol tim biru dicetak Airlangga, M Ilham dan Tony Sucipto.
Mamic mengatakan latihan kali ini sangat penting baginya untuk mencoba semacam pertandingan percobaan dan melihat kinerja Nasuha yang ditempatkan sebagai gelandang sayap kiri. Mamic mengaku percobaannya itu tidak bisa dilakukan saat pertandingan resmi.
“Latihan ini sangat penting karena saya tidak bisa melakukannya saat pertandingan. Saya harus melakukan semacam pertandingan percobaan untuk mencari solusi dari apa yang ada di kepala saya. Ini sangat berguna untuk saya, bagaimana percobaan ini bisa berfungsi dengan baik. Karena kita tidak bisa melakukan eksperimen saat pertandingan,” papar Mamic usai latihan.
Mamic menilai kondisi Nasuha dan Gaspar masih belum kompetitif terhadap pemain Persib lainnya. Mamic memaklumi hal itu karena keduanya, termasuk Aliyudin, adalah pemain yang baru pulih dari cedera dan sakit. Kendati kondisi fisiknya sudah baik, namun belum bisa bersaing dengan pemain lain.
“Kamu bisa lihat Gaspar dan Nasuha belum dalam kondisi siap berkompetisi (dengan pemain lain). Hal itu juga terlihat pada Aliyudin hari ini. Itulah masalah yang selalu melanda pemain yang baru pulih dari cedera sehingga tidak mengikut latihan, mereka belum siap berkompetisi,” jelas Mamic.

Sumber :
simamaung.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar